Posted by: Indonesian Children | April 2, 2010

Ibu Rumah Tangga Terinveksi HIV Terus Meningkat

Ibu Rumah Tangga Terinveksi HIV Terus Meningkat

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional menyatakan bahwa jumlah ibu rumah tangga yang terinveksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Indonesia terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Peningkatan infeksi baru HIV yang signifikan ada di kalangan ibu rumah tangga.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Nasional pada tahun 2002-2009 jumlah ibu rumah tangga yang terinfeksi HIV terus meningkat. Jumlah pekerja seks komersil yang terinfeksi HIV terus menurun grafiknya, namun ibu rumah tangga malah terus meningkat.

Hal tersebut disebabkan oleh penularan HIV dari suami atau pasangan intim yang memiliki perilaku beresiko. Yang mengkhawatirkan adalah peningkatan jumlah kasus penularan dari ibu ke anak. Karena itu, diharapkan permasalahan HIV dapat segera ditangani dengan baik. Bila tidak ditangani epidemi HIV akan merambat masuk ke keluarga dan masyarakat umum. Selama fokus program pencegahan HIV AIDS pada pekerja seks komersial harus mulai dirubah untuk sebagian difokuskan pada pencegahan HIV AIDS pada ibu rumah tangga. Untuk itu, harus  terus melakukan intervensi khusus, program kondom perempuan untuk melindungi dari kegiatan seks beresiko. Pengguna kondom perempuan adalah mereka yang khawatir terkena infeksi menular sosial atau kegiatan seks beresiko. Harus terus dilakukan upaya memperkuat program-program hak asasi reproduksi perempuan dan untuk meningkatkan kekuatan menawar wanita untuk menolak hubungan seksual beresiko tinggi.

 

dr Widodo judarwanto SpA

Fight HIV AIDS, Save The Children Indonesia from HIV AIDS

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

Copyright © 2010,  Fight HIV AIDS, Save The Children Indonesia from HIV AIDS  Network  Information Education Network. All


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: