Posted by: Indonesian Children | February 7, 2010

Penelitian membuka rahasia hubungan protein terhadap penyebaran virus

Penelitian membuka rahasia hubungan protein terhadap penyebaran virus

Sumber : ScienceDaily

Profesor Denis Archambault dari Department of Biological Sciences dari Université du Québec à Montréal (UQAM), dan mahasiswa program doktor Corredor Andrea Gomez telah membuat penemuan besar di bidang biologi molekular. Mereka telah membuka beberapa rahasia dari protein virus, yang dikenal sebagai Rev, yang sangat berbeda dari protein lain dari jenis yang sama yang dipelajari pada saat ini.

Hasil penelitian mereka baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Virology.

Protein Rev memainkan peran penting dalam mekanisme propagasi jenis virus tertentu dalam suatu organisme. Peneliti Archambault dan Gomez Corredor memfokuskan pada protein ini, dan lebih khusus lagi pada sebuah struktur yang disebut “lokalisasi sinyal nuklir” (nuclear localization signal/NLS). Mereka digunakan sebagai model protein Rev dari bovine immunodeficiency virus (BIV), sebuah retrovirus yang berkaitan dengan HIV pada manusia.

Retrovirus, seperti virus lainnya, ditandai oleh ketidakmampuan untuk memperbanyak mereka sendiri. Dalam rangka untuk mereproduksi, mereka membutuhkan sel induk. Sebuah sel memiliki sitoplasma dan sebuah inti sel di pusat. Nukleus mengandung nukleoli, atau sub-kompartemen. Telah diketahui bahwa protein Rev, yang dihasilkan dalam sitoplasma, bergerak ke dalam nukleus dan nukleolus dari sel yang terinfeksi dengan retrovirus tertentu. Dengan mengikat RNA virus yang ditemukan di dalam nukleus, protein Rev memberikan kontribusi untuk transisi dari suatu infeksi tahap awal ke tahap akhir. Untuk memenuhi fungsi utama ini, protein Rev pertama-tama harus bisa masuk ke nukleus. Untuk melakukannya, diperlukan sebuah “kunci,”, “NLS” terdiri dari asam amino.

NLS yang lain

Selama bertahun-tahun, beberapa peneliti telah melihat NLS di berbagai protein Rev. Sampai sekarang, studi dari protein ini menunjukkan adanya monopartite NLS, yaitu suatu NLS terdiri dari satu urutan asam amino yang terus-menerus. Dengan terkejut, Denis Archambault dan Andrea Gomez Corredor menemukan bahwa protein Rev BIV memiliki bipartite NLS – terdiri dari dua motif asam amino yang dipisahkan oleh urutan asam amino tambahan – jenis protein pertama di dunia dari semua retrovirus yang dipelajari, termasuk HIV.

Di samping itu, meskipun jenis protein lain mengandung bipartite NLS, NLS yang baru ditemukan ini tidak sesuai dengan bipartite NLS lainnya yang telah diidentifikasi sampai sekarang, apa pun jenis protein yang dipelajari. Biasanya bipartite NLS terdiri dari dua motif asam amino yang dipisahkan oleh urutan jarak yang pendek (sekitar 10 asam amino) atau panjang (sekitar 30 asam amino). Dalam protein Rev BIV, NLS yang ada tidak sama dalam urutan jarak (tidak panjang maupun pendek) dan urutan komposisi asam amino.

Akhirnya, penulis juga mengidentifikasi tipe baru “lokalisasi sinyal nukleolar” (nucleolar localization signal/NoLS) yang memungkinkan protein Rev untuk menembus di dalam nukleolus. Walaupun peran lokalisasi ini tidak diketahui, itu adalah pertama kalinya jenis sinyal ini telah dilaporkan dalam sel atau protein asal virus.

Sebuah langkah pertama menuju penemuan-penemuan lebih lanjut. Menurut Denis Archambault, “Apa yang kita miliki di sini adalah protein Rev yang karakteristiknya sangat berbeda dari protein lain dari jenis yang sama yang telah dipelajari hingga saat ini. Walaupun temuan kami belajar lebih banyak tentang virus, dan khususnya virus yang berasal dari hewan. Kami sekarang memiliki model tertentu yang akan memungkinkan kita untuk mempelajari lebih jauh hubungan antara lokalisasi protein dan efeknya pada sel induk, dan mungkin pada seluruh organisme. “

Hasil penelitian diterbitkan dalam edisi kedua Journal of Virology (Vol. 83, No 24) pada Desember 2009.

Sumber Referensi
Research Unlocks Secrets of Protein Linked to Spread of Viruses

FIGHT AIDS, SAVE THE CHILDREN INDONESIA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: