Posted by: Indonesian Children | June 8, 2009

Anak Jalanan Sangat Rentan HIV/AIDS

sumber : kompas, 2009

Penyebaran virus HIV/AIDS yang pesat semakin memperbesar risiko penularan HIV/AIDS pada anak jalanan. Hal ini terjadi karena kini semakin banyak anak yang turun ke jalan dan berisiko menjadi korban perilaku seksual menyimpang atau menggunakan jarum suntik.

”Setiap kali kami melakukan VCT (voluntary counselling and testing/konseling dan dan pengujian sukarela) keliling pada kelompok masyarakat berisiko, kami pasti menemukan minimal satu orang yang positif terinfeksi HIV,” kata konselor VCT RS Pirngadi, Indah Kemala Hasibuan, pekan lalu.

Menurut Indah, ini menunjukkan bahwa kasus HIV/AIDS semakin banyak terjadi dan berisiko pada siapa pun, termasuk anak jalanan yang semakin banyak di Kota Medan. Anak jalanan sangat rentan karena mereka sering menjadi korban perilaku seksual menyimpang oleh kelompok berisiko lainnya yang juga berada di jalanan. Mereka juga rentan dengan jarum suntik narkoba yang dipakai berganti- ganti dan rentan membawa virus HIV.

Data Dinas Kesehatan Sumatera Utara menunjukkan hingga akhir Maret 2009, jumlah pengidap HIV di Sumatera Utara mencapai 1.800 orang, sementara pengidap AIDS sekitar 700 orang. Angka itu diperoleh dari warga masyarakat yang memeriksakan diri secara sukarela. Adapun data pasti di masyarakat diperkirakan lebih tinggi daripada data yang ada.

Salah satu indikator bahwa data yang ada hanyalah merupakan fenomena gunung es adalah munculnya kasus HIV/AIDS yang menimpa bocah berusia lima tahun yang kini dirawat di RS Pirngadi Medan.

Kepala RS Pirngadi Medan Umar Zein mengatakan bahwa kasus ini adalah realitas yang sudah selayaknya mendapat perhatian bersama. Si bocah diduga tertular sejak dari kandungan ibunya. ”Jika kasus HIV/AIDS itu diketahui sejak lima tahun lalu, kemungkinan si bayi tertular bisa diantisipasi,” tutur Umar.

Menurut Umar, awalnya korban dirujuk karena kasus gizi buruk, tetapi kemudian diketahui mengidap AIDS. Korban juga sempat dikucilkan oleh masyarakat sekitar. ”Kami optimistis bahwa korban bisa diselamatkan karena seminggu ini berat badan korban meningkat dari enam kilogram menjadi delapan kilogram,” kata Umar. (WSI

 

Supported by

FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN

YUDHASMARA FOUNDATION

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com 

https://childrenhivaids.wordpress.com/

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com,

 

Copyright © 2009,  FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: