Posted by: Indonesian Children | April 11, 2009

Anak, AIDS, dan kemiskinan

Sumber : http://www.aegis.org/news/unaids/2009/UN090213.html

Tanggapan dunia pada AIDS secara bermakna harus dialihkan kembali untuk menghadapi kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh jutaan anak dan keluarganya di negara yang paling terdampak buruk. Hal itu berdasarkan laporan baru oleh lembaga independen Joint Learning Initiative on Children and HIV/AIDS (JLICA).
Laporan itu, “Home Truths: Facing the Facts on Children, AIDS, and Poverty” merangkum dua tahun penelitian dan analisis tentang kebijakan, program dan dana AIDS serta himbauan untuk perubahan secara mendasar pada tanggapan dunia, regional dan nasional terkait dampak epidemi pada anak, keluarga dan komunitasnya.
“Keluarga adalah pusat tanggapan AIDS,” dikatakan oleh Michel Sidibe, Direktur Eksekutif UNAIDS. “Kebijakan, program dan pendanaan harus berpusat untuk menyediakan akses universal pada pencegahan, perawatan dan pengobatan HIV serta mendukung keluarga sebagai satu kesatuan untuk memastikan bahwa anak dan orang dewasa yang merawat mereka mendapatkan layanan penting yang mereka butuhkan.”
Laporan JLICA menjabarkan agenda tindakan secara jelas dan tercapai untuk meningkatkan cakupan dan dampak layanan untuk anak, keluarga dan komunitasnya. Namun, para ahli menunjukkan bahwa walau pendekatan yang dicatatkan oleh JLICA jelas didukung oleh bukti dan pengalaman, menentukan arahan baru untuk kebijakan anak yang terdampak oleh HIV dan AIDS akan menuntut perubahan besar pada pemikiran dan tindakan.
Keluarga adalah pusat tanggapan AIDS. Kebijakan, program dan pendanaan harus berpusat untuk menyediakan akses universal pada pencegahan, perawatan dan pengobatan HIV serta mendukung keluarga sebagai satu kesatuan untuk memastikan bahwa anak dan orang dewasa yang merawat mereka mendapatkan layanan penting yang mereka butuhkan.
Di antara anjuran kunci yang disoroti dalam laporan itu adalah kebutuhan untuk berpusat pada kebutuhan anak, bukan pada status yatim piatu atau HIV ketika merancang dan menerapkan kebijakan dan program. Lebih dari 60% anak di selatan Afrika hidup dalam kemiskinan. Mengkhususkan anak yang terdampak langsung oleh HIV bukan hanya tidak efisien, tetapi juga dapat membawa dampak yang tidak diharapkan – misalnya stigmatisasi dan pelecehan terhadap mereka yang membutuhkan bantuan.
Layanan kesehatan dan sosial, misalnya perluasan akses pada tes dan pengobatan HIV, harus menjangkau keluarga secara keseluruhan. Tanggapan AIDS yang efektif membutuhkan pemberian layanan kesehatan, pendidikan dan tunjangan sosial yang menyatu, berpusat pada keluarga, didukung dengan sumber daya yang baik dan dihubungkan dengan komunitas.
Laporan juga menyatakan bahwa jaminan ekonomi dasar dapat membantu keluarga menabung untuk kesehatan dan pendidikan anak, meningkatkan penggunaan layanan yang disediakan, serta membayar kebutuhan penting misalnya makanan, obat dan transpor ke klinik kesehatan. Upaya mengirimkan penghasilan dengan memberikan uang secara langsung kepada keluarga yang membutuhkannya, menunjukkan hasil yang mengesankan pada perbaikan kesehatan anak dan keluarga di beberapa negara di Afrika.
Berdasarkan laporan itu, tindakan mendesak dibutuhkan untuk menghadapi kondisi sosial dan norma yang membuat perempuan dan gadis remaja menjadi sangat rentan terhadap infeksi HIV. Oleh karena itu, laporan tersebut menghimbau peningkatan upaya untuk menangani perilaku dan sikap yang melindungi atau mendorong pelecehan seksual pada perempuan dan gadis remaja.

Supported by
FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN
YUDHASMARA FOUNDATION
JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210
PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646
Email : judarwanto@gmail.com
https://childrenhivaids.wordpress.com/

Clinical and Editor in Chief :
DR WIDODO JUDARWANTO
email : judarwanto@gmail.com,

Copyright © 2009,  FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: