Posted by: Indonesian Children | January 13, 2009

ABSTRACT WATCH HIV-AIDS : Long-Term Effectiveness of Highly Active Antiretroviral Therapy on the Survival of Children and Adolescents with HIV Infection: A 10-Year Follow-Up St

Dampak ART jangka panjang pada

anak dan remaja dengan HIV

Penelitian pengamatan sebelumnya menunjukkan bahwa terapi antiretroviral (ART) dikaitkan dengan peningkatan ketahanan hidup anak dan remaja yang terinfeksi HIV, tetapi tindak lanjut penelitian ini masih terbatas.

Karena infeksi HIV adalah kronis dan pajanan terhadap obat antiretroviral (ARV) mungkin seumur hidup, maka perlu mengkaji kembali dampak ART jangka panjang terhadap ketahanan hidup populasi ini. Hal ini ditulis oleh para peneliti dalam jurnal Clinical Infectious Diseases edisi 15 Februari 2008.

Para penulis menganalisis 1.236 anak dan remaja yang terinfeksi HIV sejak lahir. Mereka terlibat dalam penelitian atau terdaftar dalam uji coba Pediatric AIDS Clinical Trials Group 219/219C di berbagai pusat di AS setelah Januari 1996.

Peserta diteliti secara prospektif selama paling lama sepuluh tahun hingga Juni 2006. Hitungan penekanan model dipakai untuk memperkirakan dampak ART terhadap ketahanan hidup, secara tepat disesuaikan berdasarkan waktu yang dibaurkan dengan beratnya penyakit.

Hasil
  • Di akhir masa tindak lanjut sepuluh tahun (masa tindak lanjut median 6,3 tahun; kisaran interkuartil 4,3-9,8 tahun), 70% peserta sudah memulai ART.
  • Persentase sel CD4, jumlah limfosit dan tingkat albumin yang lebih rendah dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan memulai ART.
  • Sejumlah 85 kematian diamati selama masa tindak lanjut.
  • Rasio hazard terhadap kematian terkait dengan ART, dibandingkan dengan rejimen non-ART, adalah 0,24 setelah disesuaikan dengan beratnya penyakit (CI; 95%, 0,11-0,51).

Kesimpulan
Para peneliti menyimpulkan, “Penggunaan ART adalah sangat efektif terhadap penurunan mortalitas selama 1996-2006 pada anak dan remaja yang terinfeksi HIV, dengan ketahanan hidup jangka panjang yang lebih baik, pemantauan selanjutnya penting untuk menilai dampak penggunaan ART jangka panjang terhadap dampak buruk, fungsi kekebalan, pertumbuhan dan kesiapan secara seksual serta mutu hidup populasi ini.”
  • K Patel, MA Hernan MA, PL Williams, and others. Long-Term Effectiveness of Highly Active Antiretroviral Therapy on the Survival of Children and Adolescents with HIV Infection: A 10-Year Follow-Up Study. Clinical Infectious Diseases 46(4): 507-515. February 15, 2008.


REFERENSI


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: