Posted by: Indonesian Children | January 13, 2009

ABSTRACT WATCH HIV-AIDS : ASTHMA AND RECOVERY CD4

Pemulihan CD4 meningkatkan risiko asma pada anak

  • Anak HIV-positif yang sistem kekebalannya pulih selama memakai terapi antiretroviral (ART) menghadapi peningkatan risiko mengembangkan asma. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology.

  • Risiko asma mungkin meningkat karena peningkatan CD4 yang dikaitkan dengan pengobatan HIV yang berhasil, William Shearer, MD, dari Fakultas Kedokteran Baylor dan rekan penelitiannya berpendapat. CD4 diyakini terkait dengan peradangan jaringan paru yang menyertai asma, penyakit paru yang melelahkan dan kadang mematikan. Apabila CD4 menurun pada anak dengan HIV, gejala asma juga menurun.
  • Penelitian yang dilakukan ini membandingkan penggunaan pengobatan asma pada anak dengan HIV yang memakai ART, membandingkannya dengan anak yang tidak memakai ART. Mereka menemukan bahwa kurang lebih sepertiga anak yang memakai ART juga memakai obat asma dibandingkan 11,5% anak yang tidak memakai ART.
  • Hubungan antara fungsi kekebalan dan asma yang dicatat dalam penelitian ini mungkin membantu para peneliti untuk memahami secara lebih baik epidemi asma yang jauh lebih luas di masyarakat umum. Kelompok Shearer berpendapat bahwa sebuah penelitian yang mengkaji fungsi paru pada anak HIV-positif yang memakai ART dapat membantu menjelaskan bagaimana peningkatan sistem kekebalan berdampak pada risiko asma.

    Referensi

    Shearer.CD4 Recovery Increases Asthma Risk in Children. The Journal of allergy and clinical immunology 2008,122;159-165


Leave a comment

Categories